Pemanfaatan Daun dan Rumput menjadi Pupuk Kompos di Sekolah

Proses Pembuatan Pupuk Kompos Selesai


Daun kering merupakan salah satu sampah yang kita jumpai di halaman sekolah ketika musim kemarau tiba. Pemanfaatan daun kering di sekolah masih kurang sehingga tampak seperti sampah yang tidak berguna. Ketika musim kemarau tiba, jumlah daun kering semakin banyak dan menjadi sampah jika tidak dimanfaatkan. Daun kering berasal dari pohon-pohon di sekitar lingkungan sekolah yang telah menguning.

Rumput adalah tumbuhan liar yang dapat kita jumpai di lingkungan sekolah. Keberadaan rumput dianggap sebagai pengganggu tanaman dan jarang dimanfaatkan. Di lingkungan sekolah, rumput dapat tumbuh dan berkembang tanpa adanya perawatan. Rumput yang tumbuh subur dapat mengambil nutrisi bagi tanaman budidaya. Oleh sebab itu, rumput di lingkungan sekolah perlu dibersihkan. Pembersihan rumput biasanya dengan dicabut dan dibuang.

Sampah berupa daun kering dan rumput tanpa adanya pengolahan yang baik dapat mengakibatkan pencemaran. Jika sampah tersebut dibiarkan akan terus menumpuk bahkan dapat membawa penyakit. Daun dan rumput kering memiliki kandungan yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tumbuhan. Salah satu pemanfaatan daun dan rumput yaitu pupuk kompos. Oleh karena itu, perlu adanya pemanfaatan daun dan rumput kering menjadi pupuk kompos untuk tanaman.

Pembuatan pupuk kompos dengan bahan utama berupa daun kering dan rumput membutuhkan bahan pendukung lain. Bahan pendukung lain yang diperlukan meliputi air, gula, dan cairan EM4. Bahan tersebut memiliki manfaat yang bermacam. Air digunakan untuk menjaga kelembaban, gula digunakan sebagai bahan makanan mikroorganisme, dan cairan EM4 untuk menguraikan bahan organik dengan bantuan mikroorganisme.
Penyiapan Bahan Pembuatan Pupuk Kompos
Pencampuran Bahan Pembuatan Pupuk Kompos

Penambahan Cairan Campuran EM4 dalam Drum Sampah Daun dan Rumput

Pemanfaatan daun kering dan daun menjadi pupuk kompos dilakukan warga sekolah untuk menjaga lingkungan. Pupuk kompos memiliki manfaat lebih ramah di lingkungan dibandingkan pupuk kimia. Pembuatan pupuk kompos menjadi terobosan pemanfaatan yang ramah lingkungan. Diharapkan pembuatan pupuk kompos dapat mewujudkan kebiasaan yang cinta lingkungan.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment

Recent Posts