Pelatihan Jurnalistik Siswa SMP Negeri 2 Mandiraja

Sebanyak 20 siswa SMP Negeri 2 Mandiraja, Kabupaten Banjarnegara, dikenalkan dunia jurnalistik yang bertema "Sukseskan Gerakan Literasi Sekolah melalui Pembentukan Generasi Milenial yang Kritis, Kreatif dan Gemar Menulis". Bersama narasumber Ibu Sutini, M.Pd, beliau adalah seorang guru yang inspiratif dan inovatif. Kegiatan pendidikan tentang jurnalistik tersebut dibuka oleh Bapak Supono, S.Pd secara langsung selaku kepala sekolah, pelatihan jurnalistik berlangsung kemarin pada hari Sabtu, 8 Januari 2022 di aula sekolah.

Foto Bersama Narasumber, Panitia, dan Peserta Jurnalistik

Dalam materinya, Ibu Sutini mengenalkan tentang pengertian dan macam jenis-jenis jurnalistik, jurnalistik cetak dan online pada media massa. Semua siswa terlihat antusias saat diminta menyebutkan bentuk-bentuk dari media massa. Mereka mampu menyebutkan beberapa contoh media massa, mulai dari koran, majalah, tabloid, buletin dan lain-lain.

Aktivitas Anak Pengumpulan, Penulisan, dan Publikasi Berita Melalui Media

Selain itu, para siswa juga dikenalkan tentang kerja dari para jurnalis dalam mencari informasi/bahan berita dan mengolahnya menjadi sebuah berita. Kemudian mereka juga dikenalkan tentang proses pembuatan sebuah media massa, khususnya koran hingga siap diedarkan dan dibaca oleh masyarakat.

Penempelan Hasil Karya Peserta

Dalam pelatihan, siswa juga mendapatkan materi tentang unsur penting sebuah berita yang meliputi 5W dan 1H. Setelah dikenalkan dengan tugas wartawan dan proses pembuatan berita, para siswa mendapatkan materi tentang teknik wawancara dengan narasumber. Mereka juga diajak untuk praktik langsung melakukan wawancara dengan narasumber yang ada dilokasi kegiatan, seperti layaknya seorang jurnalis yang sesungguhnya, mereka tampak antusias mewawancarai narasumber dengan pertanyaan-pertanyaan yang kritis dan inovatif.

Proses Wawancara dengan Narasumber

Kepala SMPN 2 Mandiraja Bapak Supono, S.Pd sangat mengapresiasi sekali atas terlaksanakannya kegiatan tersebut, adanya pelatihan jurnalistik ini sangat memotivasi siswa agar lebih giat untuk membaca, menyimak dan menulis. Siswa juga memberikan respon yang sangat baik. Diharapkan melalui kegiatan ini muncul karya-karya siswa dalam bidang jurnalistik.




Previous
Next Post »
Thanks for your comment

Recent Posts