Potret Gerakan Literasi Sekolah di SMP Negeri 2 Mandiraja

Membaca adalah salah satu jendela dunia, karena melalui membaca kita akan mendapatkan sebuah informasi. Membaca dapat dilakukan kapan saja, dimana saja dan dengan siapa saja, bisa membaca dalam hati, ataupun di ucapkan secara lisan. Aktivitas membaca dapat memberikan keuntungan bagi orang lain, salah satunya dapat memotivasi dan mendorong minat baca. Hal sekecil ini harus kita awali dari diri kita sendiri.

Gerakan Literasi Sekolah 
Di lingkungan SMP Negeri 2 Mandiraja kegiatan literasi sudah mulai digalakkan, guna untuk menambah wawasan siswa. Selain itu, dapat melatih ketrampilan membaca dan menulis siswa. Kegiatan literasi dilaksanakan oleh seluruh kelas, dari kelas tujuh, delapan dan sembilan yang masuk dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal tersebut menjadi upaya untuk menumbuhkan budaya literasi bagi siswa di lingkungan sekolah.


Siswa Mencari Buku Bacaan di Perpustakaan

Minat membaca siswa di SMP Negeri 2 Mandiraja masih tergolong sangat rendah. Siswa lebih gemar bermain gadget dibandingkan membaca buku. Melalui Gerakan Literasi Sekolah, sekolah berupaya untuk menumbuhkan minat membaca siswa. Di sisi lain, pelaksanaan pembelajaran tatap muka dapat mengaktifkan siswa untuk mencari buku dan rajin membaca di perpustakaan.

Suasana perpustakaan menjadi lebih hidup dengan ramai kunjungan siswa. Banyak siswa yang setiap hari berdatangan untuk meminjam buku atau sekadar membaca saja. Fasilitas perpustakaan mendukung dengan penambahan beberapa koleksi buku yang dapat dipilih dan dibaca siswa. Suasana yang nyaman dan tenang mendorong siswa untuk membaca di perpustakaan.

Suasana Literasi di Perpusatakaan
Salah satu pengelola perpustakaan, Bapak Sutono, A.Ma.Pust, menyampaikan senang karena perpustakaan banyak dikunjungi oleh siswa. Namun, ada hal yang sering terlupakan siswa selama kunjungan yaitu siswa lupa mengisi daftar hadir kunjungan. Hal lain yang tak kalah penting untuk diperhatikan yaitu siswa wajib mematuhi peraturan dan tata tertib di perpustakaan agar tercipta ketertiban, ketentraman, dan kenyamanan. Diharapkan Gerakan Literasi Sekolah dapat menumbuhkan budaya membaca siswa sehingga pengetahuan siswa dapat meningkat.


Previous
Next Post »
Thanks for your comment

Recent Posts